Komplikasi Gondongan

Komplikasi GondonganGondongan merupakan penyakit infeksi virus yang akut dan menular, menyerang kelenjar ludah yang terletak tepat di bawah telinga. Biasanya, menyerang anak-anak usia 5-15 tahun walaupun dapat juga menyerang pada setiap umur. Jika sekali telah terserang, selamanya tidak akan terulang kembali (menjadi kebal).

Penyakit Gondongan

Sebenarnya penyakit gondongan ini tak memerlukan pengobatan yang intensip, karena umumnya gondongan ini akan sembuh dengan sendirinya karena penyakit gondongan hanya berlangsung 3-5 hari. Jika penyakit gondongan ini menyebabkan demam, penurunan nafsu makan dan susah menelan, hanya diberikan obat generik atau obat biasa untuk menurunkan panas/demam akibat gondongan.

Komplikasi Gondongan

Komplikasi Gondongan

Hampir semua yang menderita gondongan akan pulih total tanpa penyulit, tetapi kadang gejalanya kembali memburuk setelah sekitar 2 minggu. Komplikasi bisa terjadi pada organ selain kelenjar liur, terutama jika infeksi terjadi setelah masa pubertas. Komplikasi bisa terjadi sebelum, selama, maupun sesudah kelenjar liur membengkak atau terjadi tanpa disertai pembengkakan kelenjar liur.

Komplikasi Gondongan

Berikut adalah Komplikasi Gondongan yang mungkin terjadi dari penyakit gondongan ini :

1. Orkitis, merupakan Komplikasi Gondongan peradangan pada salah satu atau kedua testis. Setelah sembuh, testis yang terkena mungkin akan menciut. Jarang terjadi kerusakan testis yang permenen sehingga terjadi kemandulan (jika komplikasi dari gondongan ini diderita oleh pria dewasa).

2. Ovoritis, merupakan Komplikasi Gondongan peradangan pada salah satu atau kedua indung telus. Timbul nyeri perut yang ringan dan jarang menyebabkan kemandulan (jika komplikasi dari gondongan ini diderita oleh wanita dewasa).

3. Ensefalitis atau meningitis, yakni peradangan otak atau selaput otak. Gejalanya berupa sakit kepala, rasa kaku kuduk, mengantuk, koma atua kejang. 5-10 % penderita mengalami meningitis dan kebanyakan akan sembuh total. Satu diantara 400-6.000 penderita yang mengalami enserfalitis cenderung mengalami kerusakan otak atau saraf yang permanen, seperti ketulian atau kelumpuhan otot wajah.

4. Pankreastitis, yakni Komplikasi Gondongan peradangan pankreas, bisa terjadi pada akhir minggu pertama. Penderita merasakan mual dan muntah disertai nyeri perut. Gejala ini akan menghilang dalam waktu satu minggu dan penderita akan sembuh total.

5. Peradangan ginjal bisa menyebabkan penderita mengeluarkan air kemih yang kental dalam jumlah banyak.

6. Radang sendi bisa menyebabkan nyeri pada satu atau beberapa sendi

Obat Gondongan Herbal

Namun, penyakit gondongan juga dapat diobati dengan menggunakan racikan bahan herbal alami yang memang dipercaya memiliki khasiat sebagai penyembuh beberapa penyakit, termasuk penyakit gondok. Berikut 5 resep ramuan herbal untuk mengobati penyakit gondongan :

Obat Gondongan Herbal 1

– 30 gr daun atau bunga kembang sepatu yang masih segar

– Cuci bersih daun atau bunga kembang sepatu, kemudian rebus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu saring dan minum airnya.

Obat Gondongan Herbal 2

– 10-15 gr akar atau umbi dari brojolintang yang masih segar

– Cuci besih bahan, rebus dengan 500 cc air hingaa tersisa 200 cc, lalu saring dan minum airnya setelah makan.

Obat Gondongan Herbal 3

– 30-60 gr daun belimbing wuluh atau belimbing sayur yang masih muda berserta rantingnya.

– 4 siung bawang putih

– Cuci bersih semua bahan, kemudian haluskan dan tempelkan pada gondongan yang bengkak.

Obat Gondongan Herbal 4 (pemakaian luar)

– Kaktus gepeng/kaktus centong, tambahkan cuka beras putih dan blau secukupnya, lalu aduk rata

– Tempelkan pada bagian gondongan yang bengkak

Obat Gondongan Herbal 5 (pemakaian luar)

– Bunga tahi kotok secukupnya

– Cuka beras putih secukupnya

– Cuci bersih bahan, haluskan, lalu tambahakan cuka beras putih

– Kemudian tempelkan pada bagian yang bengkak

Jika Anda melakukan pemeriksaan ke dokter, maka biasanya pengobatan yang diberikan pada komplikasi gondongan atau penyakit gondok adalah dengan tujuan untuk membantu mengurangi terjadinya keluhan, biasanya pasien di anjurkan untuk beristirahat selama demam dan juga kelenjar yang mengalami pembengkakan masih belum benar-benar pulih. Selain itu juga bisa diberikan obat untuk membantu menurnkan panas dan obat untuk menghilangkan rasa nyeri. Dan sebaiknya hindarilah jenis makanan atau juga jenis minuman yang sifatnya asam agar nyeri yang muncul tidak semakin parah, hindari jenis makanan yang keras. Konsumsilah makanan yang cair dan lunak. Mengompres bagian leher yang mengalami pembengkakan dengan menggunakan air panas bisa Anda lakukan dalam membantu menurunkan rasa sakit yang dirasakan. Penanganan dengan menggunakan cara tradisional bisa dilakukan dengan cara menggunakan zat blau. Zat blau merupakan zat pewarna biru yang digunakan untuk mencuci pakaian, namun zat ini tidak dianjurkan dipakai karena sifatnya yag panas dan bisa membuat kulit mengalami kerusakan dan dalam dunia medis ini sama sekali tidak ada hubungannya. Jika penyakit ini lama mendapatkan penanganan, maka akan menimbulkan terjadinya komplikasi. Komplikasi yang muncul dibagian organ dimana munculnya mual serta muntah sebaiknya pasien diberikan cairan lewat intravena dan harus mendapatkan perawatan rawat inap.

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah :

  1. Hindarilah kontak langsung dengan si penderita
  2. Mengisolasikan si penderita
  3. Meningkatkan sistem daya tahan tubuh dengan hygiene diri yang baik dan sanitasi yang baik
  4. Pemberian vaksinasi atau pemberian imunisasi.

Komplikasi Gondongan


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Gondongan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Gondongan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *