Diagnosis dan Pengobatan Penyakit Gondongan

Diagnosis dan Pengobatan Penyakit GondonganGondongan atau parotitis muncul akibat infeksi virus golongan paramyxovirus yang terjadi pada kelenjar air liur (parotis). Gondongan dapat menular kepada orang lain yang ditularkan melalui kontak langsung misalnya melalui bersin, ciuman, batuk dan penggunaan alat makanan yang digunakan secara bersamaan.

Diagnosis dan Pengobatan Penyakit Gondongan

Diagnosis dan Pengobatan Penyakit Gondongan

Penyakit Gondongan

Virus paramyxovirus yang dapat menyebabkan gondongan awalnya menuai reaksi peradangan di kelenjar air liur/ parotis, sehingga kelenjar tersebut membengkak. Umumnya rasa nyeri terjadi ketika proses menelan, kemudian gejala ini akan mereda dalam 1 minggu.

Diagnosis dan Pengobatan Penyakit Gondongan

Diagnosis dan Pengobatan Penyakit GondonganĀ  ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik yang mnunjukkan adanya pembengkakan di daerah temporomandibuler (antara telinga dna rahang). Biasanya tidak perlu dilakukan pemeriksaan khusus.

Beberapa pengobatan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Karena terdapat gangguan menelan/mengunyah, sebaiknya diberikan makanan lunak dan hindari minuman asam karena bisa menimbulkan nyeri.Daerah pipi/leher bisa juga dikompres secara bergantian dengan panas dan dingin.
  • Obat pereda nyeri (misalnya asetaminofen dan ibuprofen) bisa digunkaan untuk meengatasi sakit kepala dan tidak enak badan. Aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak karena memiliki risiko terjadinya sindrom Reye.
  • Jika terjadi pembengkakan testis, sebaiknya penderita menjalani tirah baring.
  • Untuk mengurangi nyeri, bisa dikompres dengan es batu.
  • Jika terjadi mual dan muntah akibat pankreatitis, bisa diberikan cairan melalui infus.

Gejala Gondongan

Pada penyakit gondongan, tidak semua orang yang menderita penyakit gondongan akan mengalami gejala dan keluhan, bahkan pada sekitar 30-40% dari orang yang menderita hal ini baisanya tidak menunjukkan gejala sakit. Namun demikian, mereka sama dengan penderita yang lain yang mengalami keluhan yakni adalah bisa menjadi salah satu sumber dalam hal menularkan penyakit gondongan tersebut. Pada masa tuntas atau masa inkubasi penyakit gondongan yang terjadi sekitar 12- 24 hari dengan rata-rata hari kerjadian adalah sekitar 17-18 hari. Adapun tanda serta gejala yang muncul setelah infeksi terjadi dan mengalami suatu perkembangan pada masa tunas bisa digambarkan dengan hal dibawah iniĀ  :

  1. Pada tahap awal 1-2 hari, penyakit gondongan biasanya ditandai dengan gejala demam dengan suhu tubuh 38,5-30 derajat cekcius yang disertai dengan sakit kepala, nyeri sendi, kehilangan pada nafsu makan dan juga nyeri pada rahang bagian belakang disaat sedang mengunyah dan juga disertai dengan kaku rahang atau membuat mulut menjadi sulit untuk dibuka.
  2. Kemudian pembengkakan yang terjadi pada bagian bawah telinga yang disebut dengan parotis diawali dengan terjadinya pembengkakan pada salah satu sisi kelenjar yang kemudian kedua dari kelenjar ini mengalami suatu pembengkakan. Dan pembengkakan ini biasanya terjadi paling tidak selama 3 hari kemudian akan berangsur dengan mengempis sendiri.
  3. Kadang juga terjadi suatu pembengkakan pada kelenjar dibawah rahang dan juga terjadi pada kelenjar dibagian bawah lidah. Pada pria yang mengalami akil balik, terkadang terjadi suatu pembengkakan pada buah zakar atau pembengkakan pada testis karena adanya penyebaran lewat aliran darah.

Diagnosis dan pengobatan penyakit gondongan yang dilakukan adalah :

  1. Pemeriksaan darah rutin
    Hal ini tidak dilakukan dengan spesifi, gambarannya adalah seperti yang terjadi pada infeksi virus yang lainnya, dan baisanya leukopenia yang ringan yakni dengan kadar leukosit yang ada di dalam 1 liter darah yang mengalami penurunan. Komplikasi yang terjadi bisa menimbulkan masalah leukositosis polimorfonuklear pada tingkat sedang.
  2. Amilase serum
    Biasanya terjadinya kenaikan pada amilase serum, dan selain itu juga kenaikan yang biasanya ditandai dengan pembengkakan pada parotis serta kemudian akan berubah normal lagi paling tidak sekurangnya selama 2 minggu. Kadar amylase yang normal yang ada di dalam darah adalah sekitar 0-137 U/L darah/
  3. Pemeriksaan serologis
    Pemeriksaan ini dilakukan dengan hemaglutination inhibition atau HI test, Neutralization atau NT test, Complement Fixation atau CF test
  4. Pemeriksaan virologi
    Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara isolasi virus. Namun hal ini jarang sekali dilakukan. Biasanya cara ini dilakukan dengan biakan virus yang ada di dalam saliva, urin, likuor serebrospinal atau juga darah. Dan kemudian biakan ini dinyatakan positif jika ada hemardsorpsi di dalam biakan yang diberian cairan fosfat-NaCl dan juga tidak ada biakan yang diberikan dengan hiperimun.

Pengobatan Penyakit Gondongan

Pengobatan yang dilakukan adalah dengan pemberian obat gondongan seperti obat analgetik-antipiretik jika memang dibutuhkan :

  1. Obat godongan metampiron : untuk anak lebih dari 6 bilan diberikan dengan kadar 250-500 mg/hari dan maksimum adalah 2 g/hari
  2. Obat gondongan parasetamol : 7,5-10 mg/kgBb/hari yang dibagi ke dalam 3 dosis pemberian
  3. Jangan berikan obat aspirin pada anak-anak.

Obat gondongan yang di jual diapotek belum tentu terbebas dari aspirin.

Pencegahan bisa dilakukan dengan memberikan imunisasi atau vaksin yang diberikan 2 kali. Imunisasi pertama diberikan pada usia 12 bulan, dan kemudian dosis kedua diberikan pada saat anak berusia 4 tahun. Jika seseorang sudah menderita gondongan, maka biasanya sistem daya tahan tubuhnya akan permanen. Biasanya vaksinasi atau imunisasi diberikan dengan perubahan pada sifarnya. Vaksin ini tidak menimbulkan panas atau juga suatu bentuk reaksi yang lain dan juga tidak memunculkan suatu bentuk eksresi pada virus dan tidak menular.

Diagnosis dan Pengobatan Penyakit Gondongan


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Gondongan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Gondongan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *