Cara Mengobati Penyakit Gondongan Dengan Alami

Cara Mengobati Penyakit Gondongan Dengan Alami – Penyakit gondongan merupakan penyakit yang disebabkan karena bakteri paramyxovirus dan biasnaya dialami oleh mereka yang berusia antara 5-9 tahun. Biasanya penyakit ini akan terjadi selama kurang lebih 12-15 hari. Penyakit gondongan bisa menular melalui percikan ludah sejak enam hari sebelum terjadinya pembengkakan yang terjadi pada kelenjar parotis atau kjuga kelenjar ludah pada Sembilan hari setelah terserang virus. Gejala penyakit gondongan yang ditimbulkan adalah nyeri yang dirasakan pada otot, nafsu makan yang berkurang, sakit kepala, dan demam ringan. Pembengkakan yang terjadi pada satu atau juga dua sisi dari kelenjar ludah bisa terjadi.

Cara Mengobati Penyakit Gondongan Dengan Alami

Cara Mengobati Penyakit Gondongan Dengan Alami

Penyakit Gondongan

Cara mengobati penyakit gondongan secara alami bisa dilakukan dengan melakukan pencegahan. Pencegahan dilakukan dengan memberikan obat antidemam dan antinyeri jika anak menderita demam dan nyeri otot. Cara mencegah penyakit gondongan dengan memberikan makanan yang mengandung gizi yang seimbang kemudian ditambahkan dengan vitamin atau juga suplemen herbal untuk memicu daya tahan tubuh jika diperlukan.

Cara mengobati penyakit gondongan secara alami dilakukan dengan memberikan makanan yang lunak dan jangan memberikan makanan yang mengandung asam karena ini bisa menyebabkan nyeri dan membuat keadaan gondongan semakin parah. Lakukan kompres di daerah pipi dengan air hangat dan air dingin. Jika terjadi pembengkakan pada bagian testis, sebaiknya anak menjalani tirah baring. Kompres dengan air dingin untuk menghilangkan rasa nyerinya. Dan berikan cairan melalui infuse jika terjadi mual dan muntah akibat dari pancreatitis.

Penyakit gondongan biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa banyak membutuhkan perawatan. Pemberian parasetamol bisa membantu untuk mengurangi demam dan juga rasa sakit. Makanan yang pedas dilarang untuk beberapa hari karena makanan ini bisa memproduksi air ludah yang banyak dan bisa membuat keadaan gondongan semakin parah hal ini dilakukan sebagai bentuk cara mengobati penyakit gondongan dengan alami. 

Jika gondongan dirasa masih sakit, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter. Kadang, penyakit gondongan juga bisa menyebabkan rasa sakit dibagian perut, hal ini disebabkan karena terjadinya suatu luka di pankreas dan juga tests yang sakit karena terjadi suatu peradangan, dan keduanya adalah salah satu bentuk komplikasi dari penyakit gondongan ini.

 Diagnosis Penyakit Gondongan

Diagnosis yang dilakukan pada penyakit gondongan atau penyakit gondok adalah jika memang ditemukan suatu gejala yang jelas dari terjadinya infeksi parotitis pada epidemika sebagai salah satu bentuk epidemika pada pemeriksaan fisis, dan termasuk salah satunya adalah jika memang ada keterangan mengenai kontak dengan penderita yang mengalami penyakit gondongan atau mumps selama paling tidak 2-3 minggu sebelumnya. Selain itu juga adalah dengan melakukan tindakan pemeriksaan yang dilakukan pada tes lab air kencing atau juga tes darah.

Pemeriksaan lab yang dilakukan selain dengan memperhatikan adanya leucopenia dengan limfositosis relative, didapatkan juga terjadinya kenaikan pada kadar amilase dengan kadar serum yang akan mencapai puncaknya setelah sekitar 2 minggu dan akan berubah menjadi normal lagi selama 2 minggu. Jika si penderita tidak bisa menampakkan suatu pembengkakan yang terjadi pada kelenjar bawah telinga, tetapi tanda atau gejala yang lain yang lebih mengarah untuk penyakit gondongan sehingga bisa meragukan penegakkan diagnosis. Biasanya dokter akan memberikan suatu order untuk dilakukan suatu pemeriksaan lebih lanjut mengenai serum darah. Sekurang-kurangnya adalah melakukan 2 uji serum atau serologic untuk membantu membuktikan secara spesifik mengenai penyakit mumps antibodies. Caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan Complement fixation antibodies (CF), Hammagglutination inhibitor antibodies atau HI, dan Virus Neutralizing antibodies (NT).

Untuk semua anak-anak yang menderita penyakit gondongan atau penyakit gondok biasanya mereka akn sembuh dengan sendiri. Pengobatan yang dilakukan pada penyakit gondongan baisanya bertujuan untuk membantu mengurangi keluhan atau gejala dan melakukan istirahat selama penderita sedang mengalami demam atau mengalami pembengkakan pada kelenjar. Dan selain itu juga bisa digunakans ebagai salah satu obat gondongan pereda panas atau obat gondongan penghilang rasa nyeri misalnya adalah jenis obat gondongan parasetamol atau sejenisnya. Obat seperti aspirin jangan diberian untuk anak. Untuk mereka yang mengalami peradangan pada testis, maka obat gondongan yang baik adalah dengan melakukan istirahat dirumah. Dan rasa nyeri yang bisa dikurangi dengan cara mengompres bagian yang sakit dengan es.

Obat Gondongan

Cara mengobati penyakit gondongan secara alami adalah dengan memanfaatkan beberapa bahan alami dibawah ini :

  1. Obat gondongan alami 1
    Bahan : temu putih segar 30 gram, 10 gram sambiloto kering
    Cara membuatnya adalah : cucilah sampai bersih semua bahan, kemudian direbus menggunakan 600 cc air sampai yang hanya tersisa adalah sekitar 300 cc air saja, kemudian setelah itu saringlah dan ramuan ini diminum 2 kali dalam sehari.
  2. Obat gondongan 2
    Bahan : 30 gram benalu teh kering, 30 gram daun dewa segar
    Cara membuat : cucilah sampai bersih semua bahan. Kemudian bahan-bahan tersebut direbus dengan menggunakan 700 cc air sampai yang hanya tersisa adalah 300 cc air saja, kemudian setelah itu ramuan disaring. Dan diminum 2 kali dalam sehari.

Itulah informasi mengenai penyakit gondongan dan obat gondongan alami. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Cara Mengobati Penyakit Gondongan Dengan Alami


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Gondongan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Gondongan and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *